Rumah Freelancer by Nioromu.com adalah rumah virtual yang digagas oleh Baldus Sae. Di rumah inilah segala gelisah dan harap tentang dunia freelance ditayangkan. Kami meyakini bahwa freelance adalah jenis pekerjaan yang bakal menjadi idaman mertua ke depannya nanti.

Freelancer. Mungkin terdengar agak asing ya, tapi sebenarnya seru bro! Jadi, bayangkan kalau kerjaan kita tidak harus monoton dengan jam kantor yang ketat. Datang pagi, pulang sore dan bila lembur tembus malam. Tidak. Dunia Freelance tidak mengenal rutinitas yang demikian. Membosankan.

Seorang freelancer bisa bekerja dari mana saja. Terkadang di kafe, di rumah, atau bahkan di bawah pohon sekalipun. Jam kerjanya pun terserah kita sendiri yang atur. Ya, suka-suka kitalah. Nah, jadi freelance itu kayak jadi pejuang kebebasan. Tidak ada bos yang atur, tidak ada jam kerja yang kaku, dan yang paling penting, kita bisa memilih proyek-proyek yang kita suka. Jadi bisa eksplorasi banyak hal dan terus berkembang.

Baca cerita saya tentang dunia perfreelancean di sini ya!

Gimana enaknya jadi freelancer? Pertama, kita punya kendali penuh atas pekerjaan kita sendiri. Kita bisa atur waktu, bisa atur tempat kerja, dan yang pasti, kita punya kebebasan lebih. Kita bisa menjalani hidup sambil tetap fokus pada pekerjaan.

Kedua, merasa stuck dalam rutinitas, itu tidak ada dalam kamus hidup seorang freelancer. Setiap proyek bisa beda-beda, dari yang kreatif sampe yang teknis. Jadinya, hidup kita jadi lebih berwarna. Setiap hari selalu ada tantangan baru yang bikin otak tetap jalan terus.

Dan yang paling spesial, dengan memilih menjadi freelance, kita bisa punya waktu lebih banyak buat keluarga. Bukan kayak kantor yang kadang bikin pulang malem dan kangen anak-anak. Jadi bisa lebih deket sama keluarga, gitu. Jadi, begitulah sebenarnya keasyikan jadi freelancer. Rasanya kayak punya kendali penuh atas hidup dan karir.

Nah, selama beberapa tahun terakhir ini, saya melakoni hidup sebagai Freelancer. Project yang dikerjakan tentu beragam. Kadang menjadi Ghost Writer, Blogger dan jurnalis lepas untuk menyambung napas. Ya, menulis, selain bekerja untuk keabadian juga untuk memastikan asap tetap mengepul di dapur dan mulut. Memastikan kopi terus mengental di meja kerja.

Beberapa event menulis yang pernah dimenangkan antara lain;

  1. Juara 2 Lomba Artikel Jurnalistik Jasa Raharja NTT 2022 (https://www.youtube.com/live/cj71Nn0Vokg?feature=share)
  2. Juara 2 MyRepublic Blog Competition 2022 – Kategori Jurnalis (https://myrepublic.co.id/myrepublic-blog-competition/)
  3. Juara 3 Lomba Menulis Artikel HUT PT Sambu Group ke-55 Tahun 2022
  4. Juara 1 MyRepublic Blog Competition 2023 – Kategori Jurnalis (https://myrepublic.co.id/pengumuman-blogger-competition-myrepublic-x-jaringan-prima/)
  5. Juara 5 Lomba menulis Feature yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi NTT (2023)

Hasil kontemplasi kopi dan rokoknya belakangan ini berhasil menelurkan sebuah buku Kumpulan Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul Melampaui Batas. https://www.guepedia.com/book/28878