Dunia telah bertransformasi menjadi sebuah dusun global (global village) yang saling terkoneksi akibat pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengannya, beragam aktivitas manusia menjadi jauh lebih mudah, praktis dan efisien. Informasi dari berbagai belahan dunia dapat dengan mudah diakses. Bertukar kabar dengan keluarga dan kerabat yang jauh bukan lagi sebuah perkara sulit.

Tidak hanya itu, di era digital sekarang ini, mendapatkan penghasilan dari internet bukan cuma khayalan semata. Era digital memungkinkan kita mendapatkan pekerjaan tanpa harus mengandalkan “orang dalam”. Ada banyak cerita sukses orang-orang yang meraup cuan dari internet, misalnya dengan menjadi youtuber, vlogger, blogger, affiliator, programer, gamers, konten kreator, dan yang lainnya.

Untuk mendulang cuan dari dunia digital, selain membutuhkan kreativitas, konsistensi dan penguasaan hal teknisnya, tentu juga layanan telekomunikasi. Kebutuhan akan layanan telekomunikasi telah bertransformasi menjadi kebutuhan primer dewasa ini. Sulit dibayangkan jika seminggu saja kita tidak terkoneksi dengan layanan telekomunikasi. Rasa-rasanya ada yang kurang dalam hidup kita.

Omong-omong soal layanan telekomunikasi, Smartfren jagonya. Bagaimana tidak, layanan telekomunikasi ini adalah yang pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi 4G LTE Advanced. Smartfren sebagai bagian dari Sinar Mas Communications and Technology merupakan penyedia layanan berbasis 4G LTE terluas di Indonesia.

Di tahun 2020, Smartfren mendapat penghargaan sebagai layanan telekomunikasi dengan perkembangan tercepat dan juga paket internet terbaik. Mimpi Smartfren jelas, terus berinovasi untuk menghubungkan Indonesia, sembari membuka peluang untuk membangun hari esok yang lebih baik.

Bicara soal layanan telekomunikasi yang satu ini, tahukah anda bahwa ada sosok hebat dibalik Smartfren? Terlahir dari keluarga sederhana, pendidikan formalnya cuma sampai sekolah dasar, terlilit utang dan tidak punya modal usaha tetapi berhasil menjadi miliarder yang sangat berpengaruh. Dialah Eka Tjipta Widjaja, pemilik kerajaan bisnis yang bernaung di bawah payung Sinar Mas Group.

Buah dari kerja kerasnya ini menjadikannya sebagai orang terkaya ketiga dengan harta US$ 8,6 miliar versi majalah Forbes. Dan di tahun 2018, menurut hasil survey Globe Asia, dengan total kekayaan mencapai Rp 198,8 triliun, Eka Tjipta Widjaja dinobatkan sebagai orang terkaya kedua di Indonesia. Sungguh, sebuah pencapaian yang sangat luar biasa. Eka

Tjipta Widjaja adalah sosok pejuang tangguh yang berjuang dari nol.From zero to hero, itu bukan hal yang mustahil. Eka Tjipta Widjaja telah berhasil membuktikannya. Keberhasilannya dalam membangun kerajaan bisnisnya ini tentu menginspirasi banyak orang yang sedang berjuang mencari kerja dan menata masa depannya.

Filosofi hidup dan kunci sukses Eka Tjipta Widjaja sederhana. Bekerja keras dan pantang menyerah. Kesuksesan hanyalah milik orang-orang yang bekerja keras dan pantang menyerah. Kegagalan tidak dijadikannya sebagai penghalang, melainkan batu loncatan untuk terus belajar dan berjuang meraih sukses.

Eka Tjipta Widjaja adalah sosok pekerja sejati. Secara filosofis, manusia merupakan makhluk pekerja (homo faber). Artinya bahwa ketika manusia berpikir untuk mengembangkan hidupnya di bumi ini, sarana yang dipakai adalah kerja.

Kerja adalah tindakan khas manusia sebagai makhluk berakal budi yang kemudian membedakannya dari makhluk hidup lain yang tidak berakal budi. Sederhananya, dengan bekerja maka manusia dibedakan dari binatang. Kerja adalah sarana aktualisasi diri manusia.

Dengan bekerja, manusia menunjukan eksistensi dirinya. Di sini, dapat dipahami bahwa bekerja merupakan upaya manusia untuk mengolah daya cipta, rasa dan karsa yang melibatkan di dalamnya peranan akal budi. Bekerja memungkinkan manusia bisa menghasilkan sesuatu yang diperlukan untuk kelangsungan hidupnya di dunia ini.

Eka Tjipta Widjaja berhasil menunjukkan eksistensi dirinya sebagai manusia melalui kerja. Bukan sekedar untuk menjaga kelangsungan hidupnya, melainkan turut menghidupkan sekian banyak orang yang bekerja di perusahaannya.

Beliau kini memang telah tiada, tetapi jejak karyanya masih membekas. Kontribusinya untuk Indonesia tidak dapat dipandang sebelah mata. Di perayaan 100 tahun Eka Tjipta Widjaja tahun ini, kita patut memberikan apresiasi dan penghormatan yang tinggi buat beliau. Dedikasinya dalam membangun manusia Indonesia untuk mengaktualisasikan dirinya melalui kerja sungguh luar biasa.

Tidak hanya itu, beliau telah turut merawat kebhinekaan Indonesia. Bayangkan, para pekerja yang ada di berbagai perusahaannya berasal dari berbagai kelompok suku, agama, ras, dan golongan di Indonesia. Eka Tjipta Widjaja berhasil membuat miniatur Indonesia di berbagai perusahannya. Sinar Mas untuk Indonesia. Sinar Mas dan keberagaman itu nyata adanya.

Lalu, apa pesan dan inspirasi yang dapat kita ambil dari kisah sukses Eka Tjipta Widjaja ini? Sebagai generasi milenial yang hidup di era digital, rasa-rasanya mendulang penghasilan dari internet bukanlah perkara sulit. Sejauh kita tahu cara mainnya, konsisten melakukannya, berani keluar dari zona nyaman dan menyadari bahwa kita adalah manusia, yang tentunya dibedakan dari binatang melalui kerja.

Dengan aneka fasilitas dan teknologi yang ada, justru peluang sukses kita jauh lebih besar dibanding eranya Eka Tjipta Widjaja yang harus melakukannya secara konvensional. Sekarang, cukup dengan rebahan saja, kita bisa menghasilkan uang bukan? Kurang apa lagi? Skill? Kan bisa dipelajari? Kuota internet? Layanan telekomunikasi? Kan, ada Smartfren.

Mari, kita belajar dari sosok Eka Tjipta Widjaja. Jadilah pekerja yang konsisten, pantang menyerah, selalu melihat peluang dan optimis menjalani hidup. Sudah saatnya kita berjuang menata hari depan kita dan menjadi pemenang di era digital melalui kerja-kerja kita.

*Tulisan ini pernah diterbitkan di Kompasiana.com, diikutsertakan dalam lomba blog Sinar Mas dalam rangka memperingati 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja

Bagikan:

Baldussae

Ghost writer. Blogger. Jurnalis Lepas Anak kampung yang ingin ingin hidup abadi di kolong langit. Lahir di Ende, Nusa Tenggara Timur. Nioromu.com ini merupakan kebun virtual yang digarap setiap hari untuk menyambung hidup di tanah rantau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *